Berdalih Gadai Kebun Karet, Pelaku berhasil Tipu Korbannya Puluhan Juta Rupiah

In Fungsi Operasional, Satuan Reskrim

Polres Tabalong -Satreskrim Polres Tabalong dibawah pimpinan Kasat Reskrim Iptu Galih Putra Wiratama, S.Tr.K, S.I.K mengamankan seorang pria berinisial NI alias Dayau (45) warga desa Batu Piring kecamatan Paringin Selatan.Balangan pada Senin (16/01/2023) sore didepan sebuah kantor keamanan di desa Padang Panjang Kecamatan Tanta.Tabalong.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, S.I.K, M.H melalui PS. Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aiptu Irawan Yudha Pratama membenarkan perihal diamankannya pelaku NI karena diduga melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUH Pidana.

“Menurut keterangan korban AR (63) warga desa Pembataan kecamatan Murung Pudak.Tabalong, sebelumnya pelaku bercerita kepada korban melalui telepon bahwa ada temannya yang membutuhkan uang untuk keperluan sekolah anak-anaknya dengan jaminan kebun karet, kemudian pelaku menawarkan sebuah kebun yang beralamat di Desa Tarangan. Paringin Kabupaten Balangan untuk digadaikan kepada korban sebesar 3 juta 500 ribu Rupiah yang nantinya akan ditebus sebesar 4 juta Rupiah” ungkapnya

“Kemudian pada Kamis (14/04/2022) pelaku mendatangi rumah korban di Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak. Tabalong untuk mengambil uang gadai kebun karet yang telah disepakati dan dibuatkan kuitansi yang belum ditanda tangani oleh pemilik kebun yang bernama SYAHRANI, dengan alasan kuitansi tersebut nantinya akan dibawa pelaku untuk di tanda tangani oleh pemilik kebun” lanjutnya.

Berselang beberapa hari kemudian pelaku kembali mendatangi rumah korban untuk menyerahkan kuitansi yang sudah ditanda tangani oleh pemilik kebun atas nama SYAHRANI dan menjanjikan kepada korban bahwa apabila kebun karet panen, setiap satu minggu sekali pelaku akan menyerahkan pembagian hasil panen sebesar 150 ribu Rupiah.

“Selanjutnya pelaku kembali menawarkan kebun karet untuk digadaikan kepada korban dengan modus yang sama hingga berjumlah 17 kuitansi dengan nama pemilik kebun karet dan alasan gadai yang berbeda-beda pula” imbuhnya.

Pada Kamis (01/12/2022) pagi, korban mengetahui bahwa kebun karet yang ditawarkan pelaku beralamat di Desa Tarangan Paringin Kabupaten Balangan tersebut tidak ada dan nama pemilik kebun karet atas nama SYAHRANI juga tidak ada /fiktif begitu pula kuitansi yang lainnya, nama dan lokasi fisik tanahnya juga fiktif.

Korban yang merasa dirugikan sebesar 42 juta Rupiah kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tabalong.

“Saat ditanyakan Polisi, pelaku NI mengakui perbuatannya ,selanjutnya barang bukti berupa 17 lembar kuitansi gadai kebun karet disita dan pelaku di bawa ke Polres Tabalong untuk proses hukum lebih lanjut” pungkas Yudha.

You may also read!

Bhabinkamtibmas Ini Gotong Royong Bersama

Polda Kal-Sel,Polres Tabalong,Polsek Banua Lawas - Bhabinkamtibmas Polsek Banua Lawas pada hari Jumat(19/04/2024). (more…)

Read More...

Jumat Bersih, Kapolsek Murung Pudak Pimpin Anggota Bersihkan Lingkungan Polsek

Polda Kalimantan Selatan, Polres Tabalong, Polsek Murung Pudak. Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan Polsek Murung Pudak pada hari Jumat

Read More...

Pengamanan dan Pengaturan Lalulintas Usai Sholat Jumat Oleh Personil Polsek Murung Pudak

Polda Kalimantan Selatan, Polres Tabalong,Polsek Murung Pudak. Pada hari Jumat, (19/04/24) personil Polsek Murung Pudak melaksanakan pengamanan dan pengaturan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu