Waspada Bencana Banjir, Petugas Rutin Cek Debit Air Sungai Tabalong

Polres Tabalong – Waspada bencana banjir, petugas rutin cek debit air sungai di wilayah utara Kabupaten Tabalong pada Selasa (24/05/2022) pagi.

Pengecekan debit air sungai dan irigasi rutin dilakukan petugas Polsek Jaro Polres Tabalong, dimana wilayah Kecamatan Jaro adalah wilayah hulu dan pegunungan di Kabupaten Tabalong.

Hasil dari patroli pengecekan debit air sungai dan irigasi sementara dalam keadaan normal, walaupun curah hujan cukup tinggi beberapa pekan terakhir di wilayah Kabupaten Tabalong.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med.Kom melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama mengatakan petugas wilayah utara Kab. Tabalong yakni Polsek Jaro, Polsek Muara Uya, Polsek Haruai dan Polsek Haruai rutin melakukan pengecekan debit air sungai Tabalong, irigasi, dan air sungai pegunungan Kab. Tabalong sebagai bentuk kewaspadaan dan siap siaga petugas dalam penanggulangan bencana banjir di Kab. Tabalong.

Kondisi wilayah Tabalong selama ini apabila debit air sungai di wilayah utara Tabalong normal, maka wilayah tengah dan hilir Tabalong, khususnya yang berada di titik – titik dataran rendah Kab. Tabalong aman dari bencana banjir akibat luapan aliran sungai Tabalong. Sebaliknya debit air sungai di wilayah utara meluap dan tingginya curah hujan, maka warga yang berpemukiman di dataran rendah siaga bencana banjir bilamana menggenangi rumah mereka.

Kami imbau kepada masyarakat Tabalong, bersama – sama kita siaga dan waspada terhadap luapan air sungai Tabalong serta para orang tua agar meningkatkan pengawasan terhadap anak – anaknya agar tidak mandi atau bermain di bantaran sungai Tabalong untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.(*).

Exit mobile version