PROFIL POLRES TABALONG

Wilayah Kabupaten Tabalong dengan ibukotanya Tanjung terletak paling utara dari propinsi Kalimantan Selatan yang berbatasan langsung dengan propinsi Kalimantan Timur dan propinsi Kalimanatan Tengah yang terdiri dari 12 ( dua belas ) Kecamatan, 11 ( sebelas ) Kelurahan, 120 ( seratus dua puluh  ) desa  dan 863 ( delapan ratus enam puluh tiga ) Rukun Tangga dengan potensi sumber daya alam yang melimpah.

Kondisi Kabupaten Tabalong merupakan Daerah yang sedang berkembang dengan potensi sumber daya alam yang ada dapat menjadi tulang punggung perekonomian Nasional, namun situasi dan kondisi Daerah tersebut dapat juga merupakan ancaman sehingga apabila tidak mendapat penanganan yang tepat dapat menjadi faktor penyebab timbulnya gangguan kamtibmas.

Kepolisian Resort Tabalong ( Polres Tabalong ) berdiri pada tanggal 01 Juli 1970 dimana yang pada waktu itu masih bernama Komando Resort 1307 Tanjung ( Kores 1307 Tanjung ) yang bermarkas di Jl. Kenanga kec. Tanjung Kabupaten Tabalong dan sebagai pejabat Danres pada waktu itu Letkol Pol. Drs. SUPANGKAT sesuai dengan kebutuhan organisasi serta tuntutan perkembangan dinamika kehidupan masyarakat dimana mengikuti pemekaran Kabupaten dengan telah berdirinya Kabupaten Tabalong.

Seiring dengan tuntutan tugas dan validasi organisiasi Polri pada tanggal  01 Juli 1993 Markas Komando Kepolisian Resort Tabalong ( Polres Tabalong ) pindah ke markas komando yang baru yang terletak di Jalan Ir. PHM Noor No. 29 Pembataan Kode Pos 71571 Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong sampai dengan saat ini yang mana pada saat itu diresmikan oleh Kapolda Kalselteng Brigjen Pol. Drs. SONNY HARSONO, MM dengan pejabat Kapolres Letkol Pol. Drs. SALEH SA’AF.

Anggota Polres Tabalong berjumlah  400 personel, terdiri dari  371 polisi laki-laki,  21    polisi wanita dan 8 orang PNS. Dalam pelaksanaan tugas, Polres  Tabalong dilengkapi dengan beberapa fasilitas ranmor dinas yaitu kendaraan roda dua  217 unit (Baik 135 unit, Rusak Berat 82 unit), kendaraan roda empat 35 unit (Baik 33 unit, Rusak Berat 2 unit), dan roda enam 9 unit (Baik 7 unit, Rusak Berat 2 Unit) dan Sepeda sejumlah 9 unit.

Kapolres Tabalong dari masa ke masa :

Polsek – Polsek jajaran Polres Tabalong :

  1. Polsek Murung Pudak
  2. Polsek Bintang Ara
  3. Polsek Tanjung Kota
  4. Polsek Tanta
  5. Polsek Muara Harus
  6. Polsek Kelua
  7. Polsek Banua Lawas
  8. Polsek Pugaan
  9. Polsek Haruai
  10. Polsek Upau
  11. Polsek Muara Uya
  12. Polsek Jaro