Polres Tabalong Peringati Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

In Polisi Kita

Polres Tabalong – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, pada Jumat 28 Oktober 2022 di Lapangan Mapolres Tabalong diikuti Wakapolres Tabalong Kompol Reza Bramantya, S.I.K, Para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, para Perwira, Bintara dan ASN di Lingkungan Polres Tabalong.

Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., perwira upacara Ipda Gunawan Adhi Sukarso, komandan upacara Ipda Gigih Sutanto, pembawa acara Bripda Rani, Ajudan Briptu Ari Setiawan.

Lanjut petugas pengibar Bendera Merah Putih Bripda Hendry Adhitiya, Bripda Miftahul Huda, Bripda Angga Nasrul Egi.

Petugas pembaca UUD 1945 Bripka Umar Effendi, Pembacaan Surat Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Kedua, tanggal 27-28 Oktober 1928 oleh Bripda Wafiq Diah Ayu Septiani dan pembaca do’a Ipda H. Abdul Gani, S.E.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Tabalong membacakan kata pengantar dari Deputi Bidang Pengembangan Pemuda selalu Ketua Panitia Nasional Peringatan Sumpah Pemuda (BSP) ke-94 Tahun 2022.

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengalir bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia mengalir berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Ikrar suci yang monumental, berejaan Van Ophuysen tersebut, merupakan keputusan Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta), tanggal 27-28 Oktober 1928. Ikrar dimaksud hasil Kongres yang dipimpin Soegondo Djojopoespito, beliau berusia 23 tahun, tiga kalimat diatas meneguhkan spirit untuk meraih kemerdekaan suatu bangsa. Walaupun kita tahu, dalam goresa sejarah, kebebasan dari kolonialisme itu baru diraih 17 tahun kemudian.

Barisan Pemuda telah meletakan fondasi komunitas beribu pulau dalam balutan “Indonesia” konsep Nation State yang dibayangkan, dikemas dengan ketegasan untuk menjunjung hanya satu lingua franca, bahasa Indonesia. Adapun kata “Indonesia” sendiri, telah berpuluh tahun melekat dengan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Visi pemuda 94 tahun lalu, masih terasa ketangguhan makna yang sarat dengan kebersamaan dalam mengusung semangat anti kolonialisme. Sejatinya, ikrar Sumpah Pemuda merupakan kristalisasi semangat untuk menegaskan cita – cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 Tahun 2022 berupaya merangkum suasana batin nasionalisme tersebut diatas. Walaupun tidak bisa ditafsirkan secara utuh, namun melalui serangkaian kegiatan yang digelar dapat menggambarkan suasana saat itu.

Pedoman ini menjadi dasar rujukan bagi seluruh Panitia Penyelenggaran Peringatan HSP ke-94 Tahun 2022 di seluruh Indonesia dan perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, melindungi kita semua agar semangat Sumpah Pemuda senantiasa menginspirasi setiap Pemuda dan segenap pemangku kepentingan dalam melayani Pemuda.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 di Mapolres Tabalong diakhiri dengan menyanyikan lagu Bangun Pemuda Pemudi oleh seluruh peserta upacara dan selanjutnya do’a. Acara berlangsung khidmat dan lancar.(*).

You may also read!

Bhabinkamtibmas Ini Berikan Himbauan Kamtibmas

Polres Tabalong - Polsek Muara Harus - Bhabinkamtibmas Polsek Muara Harus Sambangi Warga Pada Hari Selasa(07/02/2023). (more…)

Read More...

Wujudkan Kedekatan Dengan Masyarakat, Personil Polsek Pugaan Sambangi Warga

Polres Tabalong, Polsek Pugaan – Personil Polsek Pugaan melaksanakan patroli sambang warga masyarakat dan sampaikan pesan kamtibmas, Selasa (07/02/2023). Kali

Read More...

Personil Polsek Pugaan Atur Lalu Lintas di Depan Sekolah dan Bantu Pelajar Menyeberang

Polres Tabalong, Polsek Pugaan – Personel Polsek Pugaan melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas pagi hari di depan SDN Pugaan,

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu