Polres Tabalong Imbau Warga Cegah Karhutla

In Peristiwa

Polres Tabalong, Polda Kalsel – Mengingat akhir – akhir ini cuaca di Kabupaten Tabalong cukup panas dan sudah ada kejadian kebakaran lahan kemaren Kamis (16/06/2022) Sore di Desa Karangan Putih, Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong.

Peristiwa kebakaran lahan ini dibenarkan oleh Kapolsek Kelua Iptu H. Tri Susilo.

Dalam upaya penanggulangan kebakaran lahan tersebut, Kapolsek Kelua mengatakan bahwa Lokasi titik api sulit dijangkau petugas menggunakan R2 maupun R4 karena lokasinya lahan rawa.

Petugas berhasil mengisolir titik api dengan melakukan pemadaman api menggunakan mesin pompa.

Pemadaman api dilakukan petugas gabungan siaga UPBS wilayah Selatan Kab. Tabalong dan Polsek Kelua.

Lahan yang terbakar yakni vegitasi tanaman berupa rumput ilalang dan semak – semak dilahan seluas kurang lebih 800 meter persegi.

Pemilik lahan yang terbakar inisial AR (55), warga Desa Karangan Putih, Kecamatan Kelua, Tabalong.

AR pun menerangkan kepada petugas “Dalam peristiwa kebakaran lahan, ia berada di pengajian yang ada di Desanya Karangan Putih. Dan tidak mengetahui bahwa lahan miliknya terbakar”.

Penyebab lahan terbakar belum diketahui dikarenakan lahan yang terbakar adalah lahan rawa yang ditumbuhi rumput ilalang yang masih hijau dan bukan bekas tebangan pohon maupun tanaman kering.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran lahan dan upaya pemadaman titik api di lokasi lahan yang terbakar”, terang Kapolsek Kelua.

Lanjut, dikonfirmasi Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med.Kom melalui Kabag Ops Polres Tabalong Kompol Hendra S. Sartio, S.E., S.I.K., M.H pada Jum’at (17/06/2022) siang, menyampaikan beberapa upaya Polres Tabalong dalam mengantisipasi karhutla di Kabupaten Tabalong.

Dalam rangka “Mendukung upaya pemerintah mengendalikan kebakaran hutan dan lahan umumnya, khususnya di Tabalong, Kami menghimbau dan mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan beberapa cara agar tidak melakukan pembukaan lahan atau penyiapan lahan penanaman dengan cara membakar;

Tidak meninggalkan bekas api unggun dalam keadaan bara api yang masih menyala;

Tidak membuang puntung rokok di serasah hutan dan;

Segera menyampaikan informasi kejadian kebakaran hutan dan lahan kepada instansi terkait di wilayah terdekat (kehutanan, TNI/POLRI, dan BPBD) atau bisa menghubungi Call Center 110 Polri.

Selanjutnya untuk kita ketahui bersama bahwa Kebakaran hutan dan lahan adalah suatu peristiwa terbakarnya hutan atau lahan baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian kesehatan, ekologi, ekonomi, sosial dan politik.

Kemudian kebakaran hutan dan lahan juga ada sanksi pidana yang bisa menjerat pelaku pembakaran.

Sehingga dalam upaya penanggulangan karhutla ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun keikutsertaan dan kepedulian kita semua dalam hal mencegah karhutla”, ucapnya.

Terpisah dalam upaya pencegahan Karhutla, “Polres Tabalong juga menghimbau masyarakat agar bersama – sama waspada mencegah kebakaran rumah, pastikan api kompor didapur padam dan aliran listrik dimatikan jika meninggalkan rumah”, imbaunya.(*).

You may also read!

Polres Tabalong Serahkan 5 Berkas Perkara Ke Kejari Tabalong.

Tabalong - Setelah berkas perkara dinyatakan lengkap, Polres Tabalong menyerahkan tersangka dan barang bukti ke kantor Kejaksaan Negeri

Read More...

Polsek Pugaan Pastikan Penyaluran BLT Di Desa Pampanan Aman Dan Lancar

Polres Tabalong, Polsek Pugaan – Bertempat di Kantor Desa Pampanan Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong, anggota Polsek Pugaan melakukan pengamanan

Read More...

Operasi Bina Karuna Intan,Petugas Polsek Muara Himbau Waspada Banjir

Polsek Muara Harus,Polres Tabalong,Polda Kal-Sel - Petugas Polsek Muara Harus Himbau Waspada Bencana Banjir dan Tanah Longsir pada hari

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu