Pak Bhabin Bersama BPBD dan Relawan UPBS Bantu Warga Terdampak Banjir

Polres Tabalong – Wilayah perkotaan di Kabupaten Tabalong, khususnya wilayah kecamatan Murung Pudak terdampak banjir akibat luapan anak sungai Kabupaten Tabalong, pada Kamis (26/05/2022) siang.

Terdata sejumlah 7 titik lokasi banjir di wilayah Kecamatan Murung Pudak, yaitu di Komplek Anugrah Regency 2 Kel.Belimbing Raya*_ Air yang semula menggenangi Jalan lingkungan dan rumah warga sebanyak 30 buah rumah , dan untuk saat ini Air sudah mengalami penurunan, hanya menggenagi jalan perumahan dan rumah warga saat ini tidak ada yang terendam.

Komplek Citra Persada Indah (CPI) Rt. 014 Kel. Mabuun untuk saat ini Air sudah menggenaigi jalan lingkungan komplek dan merendam rumah warga dengan ketinggian Air 10 – 80 Cm dan untuk rumah yang terendam saat ini kurang lebih 84 buah rumah serta terdampak banjir 272 buah rumah serta pantauan akhir jam 16.20 wita luapan air mengalami penurunan.

Komplek Swadarma Lestari Kel. Mabuun kondisi luapan air sudah menggenangi jalan lingkungan komplek dan merendam rumah warga dengan ketinggian Air 15 – 30 Cm dan untuk rumah yang terendam saat ini kurang lebih 20 buah rumah. Pantauan kondisi air jam 16.20 wita mengalami penurunan.

Komplek Bumi Tabalong Damai (BTD) Kel. Mabuun untuk saat ini Air sudah menggenaigi jalan lingkungan kompek dan merendam rumah warga dengan ketinggian Air 15 – 50 Cm dan untuk rumah yang terendam saat ini kurang lebih 25 buah rumah serta kondisi air mulai surut. Pantauan kondisi air jam 16.20 wita mengalami penurunan.

Komplek Pondok Karet Permai, Jalan AMD Maluyung Rt.16 Kel. Mabuun, luapan air sudah menggenangi jalan lingkungan kompek, jembatan maluyung dan merendam rumah warga dengan ketinggian Air 15 – 80 Cm diatas lutut orang dewasa dan untuk rumah yang terendam saat ini kurang lebih 50 buah rumah. Pantauan kondisi air jam 16.20 wita masih mengalami kenaikan akibat kiriman dari daerah hulu Wilayah Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Komplek Mahligai Rt.13 Kel.Mabuun luapan air sungai sudah menggenagi jalan perumahan dan merendam rumah warga dengan ketinggian Air 20 – 50 Cm dan untuk rumah yang terendam saat ini sebanyak 10 buah rumah. Pantauan kondisi air jam 16.20 wita mengalami penurunan.

Jalan Pertamina Rt. 07 Mabuun dengan kondisi luapan Air menggenagi akses jalan perumahan dan merendam rumah warga dengan ketinggian Air kurang lebih 15 – 35 Cm. Dan 7 buah rumah tendam banjir akibat luapan air sungai. Pantauan kondisi air jam 16.20 wita mengalami penurunan.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med.Kom melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama mengatakan, hasil dari pantauan langsung dilokasi banjir dan data dari petugas bhabinkamtibmas Polsek Murung Pudak Polres Tabalong wilayah perkotaan di Kecamatan Murung Pudak Kab. Tabalong ada 7 titik lokasi yang terdampak bencana banjir.

Bencana banjir akibat tingginya curah hutan di Tabalong meningkat sehingga luapan air dari anak sungai Tabalong meluap.

Dari 7 titik lokasi banjir tersebut, luapan air sudah berlangsung surut, namun luapan air anak sungai masih mengalami peningkatan di lokasi Komplek Pondok Karet Permai, Jalan AMD Maluyung Rt.16 Kel. Mabuun.

Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Murung Pudak masih berada di lokasi bersama BPBD Kab. Tabalong serta UPBS Tabalong membantu warga yang terdampak bencana banjir.

Polres Tabalong menghimbau kepada warga untuk menjaga anak anaknya untuk tidak bermain di pinggiran aliran Sungai;

Mengingatkan warga untuk mematikan jaringan atau arus Listrik dan Peralatan Elektronik guna menghindari Konsleting Listrik dan menghindarai terjadinya tersetrum aliran Listrik;

Mengawasi barang berharga, surat – surat dan barang berharga lainnya, guna mencegah terjadinya kejahatan pencurian;

Koordinasi dan komunikasi dengan pihak BPBD dalam Pendirian dapur umum sementara untuk masyarakat yang terdampak banjir.

Selanjutnya tidak ada korban jiwa dalam bencana Banjir di Kab. Tabalong, khususnya di wilayah Kecamatan Murung Pudak, Tabalong.(*).

Exit mobile version