Cegah Karhutla di Tabalong, Polres Tabalong Melaksanakan Operasi Kontinjensi Karhutla Intan 2019

Kapolres Tabalong AKBP hardiono, S.Ik menyampaikan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di kabupaten Tabalong “Musim saat ini sudah memasuki musim kemarau, Polda Kalsel dan Polres Jajaran telah melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Bina Karuna intan 2019 yang baru berakhir beberapa hari yang lalu”.

operasi tersebut dilaksanakan dengan sasaran memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bersama sama melakukan upaya – upaya pencegahan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Perlu kita sadari hingga selesainya operasi Bina Karuna Intan 2019 itu belum bisa  menghentikan secara permanen potensi kebakaran hutan dan lahan didasarkan pada keterbatasan waktu.

Walaupun operasi telah berakhir. Polres Tabalong melalui para bhabinkamtibmasnya  terus menerus melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan karhutla, baik secara preemtif maupun preventif kepada masyarakat dan pihak perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan.

Berdasarkan hasil dari evaluasi semester pertama Bulan Januari sampai dengan Juni 2019, tingkat kebakaran hutan dan lahan cukup rendah.

Polres Tabalong sementara belum ada melakukan upaya penegakan hukum terhadap warga Tabalong yang diduga membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar,

Walaupun langkah penegakan hukum belum dilakukan, namun terhadap para pemilik lahan yang terbakar tetap dilakukan tindak preventif baik berupa teguran  dan kesanggupan secara tertulis untuk menjaga lahannya  agar tidak terulang lahannya terbakar.

Selanjutnya Polres Tabalong kembali melaksanakan operasi Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019 Polda Kalsel yang terhitung mulai tanggal 27 Juli 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019 lamanya 97 hari. Fungsi yang dikedepankan Satuan Sabhara dan Satuan Reskrim dalam tindakan prevented dan penegakan hukum.

Kami berharap kepada warga Tabalong untuk menyadari bahwa para pemilik lahan memiliki  tanggung jawab untuk mencegah kebakaran di lahannya.

Kesadaran ini penting sekali menginggat terdapat sanksi Perundang undangan  terhadap para pembakar lahan dan hutan secara sengaja.

Disamping itu dampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat jelek bagi kesehatan. Demikian pula terhadap perusahaan yg memiliki lahan perkebunan. Tentunya ada sanksi hukum jika mereka lalai atau sengaja membuka lahan dengan cara membakar selain merusak lingkungan, dampak lainnya menyebabkan kabut asap yang dapat menimbulkan penyakit saluran pernapasan, mengganggu transportasi udara dan anda juga bisa berurusan dengan hukum. Upaya pencegahan Karhutla, akan efektif jika dilaksanakan secara bersama sama.

Selama ini kegiatan pencegahan dilakukan oleh sinergitas 3 pilar, baik dari Pemkab Tabalong, Kodim 1008 Tanjung  dan Polres Tabalong serta didukung oleh masyarakat Kabupaten Tabalong.

“Mari kita wujudkan Indonesia umumnya, khususnya Kabupaten Tabalong bebas dari kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan”, ucap Kapolres Tabalong.

Tagline, Polda Kalsel Polres Tabalong Kapolres Tabalong

 

Editor : Donny
Penulis : Faisal
Publish : Faisal

 

 

Related posts

Tinggalkan Balasan

*