Cegah Bencana Alam, Polres Tabalong Tanam Rumput Retiver

Polres Tabalong – Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.IK, CFra berdampingan dengan Ketua Bhayangkari Cabang Tabalong Ny. Yuni Muchdori, melakukan penanaman rumput vetiver alias akar wangi (chrysophogon zizanioides) bertempat di belakang Mapolsek Jaro. Jum’at(06/03)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Tabalong Kompol Iwan Wahyu Purnomp, ST, M.Si, Para PJU Polres Tabalong, Para Kapolsek Jajaran Polres Tabalong, Personel Polres Tabalong, unsur Forkopimca Kecamatan Jaro, para Kades Kec. Jaro, serta instansi terkait dan para undangan lainnya.

Langkah penanaman vetiver yang dilakukan di wilayah Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong sebagai upaya peduli alam dan lingkungan serta untuk mencegah terjadinya musibah bencana alam. Seperti diketahui, vetiver merupakan jenis tanaman rumput-rumputan dengan perakaran kurang lebih dua meter. Vetiver yang juga biasa disebut akar wangi ini cocok ditanam pada tanah dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.IK, CFrA mengatakan penanaman vetiver ini sekitar 1.250 bibit, ditujukan guna memulihkan kondisi tanah-tanah tandus di kemiringan yang berpotensi mengalami musibah bencana.  Dan sebagian dibagikan kepada para kades untuk dibudidayakan yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat untuk bersama-sama memulihkan kondisi tanah-tanah tandus di kemiringan yang berpotensi mengalami musibah bencana.

“Penanaman vetiver ini diharapkan dapat memperbaiki struktur tanah dan mencegah potensi longsor” tambahnya.

(Humas Polres Tabalong)

Related posts

Tinggalkan Balasan

*