Bripda Fahriannor Tetap Gelorakan Sosialisasi Cegah Karhutla

Polres Tabalong – Polsek Jaro – Dalam kegiatan ini Bripda Fahriannor membagikan maklumat tentang larangan membuka lahan dan hutan dengan cara membakar karena dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan dan kesehatan di Wilayah Kabupaten Tabalong. Minggu (13/05/2018).

Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadi nya karhutla. Warga Desa Jaro juga di berikan sosialisasi bahwa membakar hutan dan lahan merupakan perbuatan yang melanggar hukun serta dapat di berikan sanksi kepada pelaku.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Polsek Jaro Bripda Fahriannor bertujuan mengajak warga desa sadar dan tidak membuka hutan dan lahan dengan cara membakar. Hal ini bertepatan dengan pemilukada akan berlangsung pada bulan juni yang bertepatan dengan masuk musim kemarau dan musim tanam apabila ada pemuda Desa Jaro jangan ada yang membuka hutan dan lahan dengan membakar maka akan menimbulkan banyak asap.

Kegiatan tersebut dilakukan rutin guna menekan kegiatan masyarakat yang akan membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar di wilayah hukum Polres Tabalong, di di Desa Jaro Rt. 002 Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono S.IK melalui Kapolsek Jaro Iptu H. Suwarno yang diwakili oleh Bripda Fahriannor memberikan himbauan tentang larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar dan memberi tahukan tindak hukum pidana jikalau terjadi karhutla dengan pidana 15 tahun penjara atau denda sebesar 10 Miliyar.

Membakar hutan juga sangat berdampak buruk bagi manusia, hewan dan juga tumbuhan. Bagi manusia bisa terserang penyakit pernapasan karena menghirup udara yang telah bercampur dengan asap, untuk tumbuhan akan berkurang nya cadangan air yang didapat dari pohon-pohon namun karena pohon terbakar akan berkurang nya cadangan air, serta untuk hewan alan kehilangan habitat asli nya dan bisa saja masuk ke dalam perkampungan karena sudah kehilangan habitatnya. (Sr)

Tagline Polda Kalsel Polres Tabalong Kapolres Tabalong

Related posts

Tinggalkan Balasan

*