Jual beli arisan online rugikan nasabah ratusan juta rupiah, seorang perempuan berinisial FM diamankan polisi.

In Fungsi Operasional, Satuan Reskrim

Polres Tabalong – Jual beli arisan online rugikan nasabah ratusan juta rupiah, seorang perempuan berinisial FM (23) dilaporkan ke Polisi pada Senin (21/11/2022) sore.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H, S.I.K, M.Med.Kom melalui PS.Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Menjelaskan bahwa FM adalah warga Desa Tamiyang Kecamatan Tanta, Tabalong.

“Modus yang digunakan pelaku yaitu menjual arisan dengan mendapatkan keuntungan dan meyakinkan pembeli dengan kalimat “No tipu-tipu,dijamin 100% aman dan untung”, dengan cara broadcast WhatsApp berupa nilai arisan yang dijualnya ke grup whatsapp jual beli arisan yang dibuat oleh pelaku” ungkap Yudha.

Dari puluhan korban pembeli arisan, saat ini yang sudah melapor adalah sdri. EY (49) warga desa Lumbang Kecamatan Muara Uya.Kab. Tabalong dengan kerugian 173 juta Rupiah.

“Kejadian tersebut berawal pada Selasa (16/08/2022) malam, korban EY diberitahukan oleh teman sekantornya bahwa ada jual beli arisan, EY kemudian menghubungi pelaku FM dengan maksud ingin ikut jual beli arisan online, dan kemudian dibuatkan sebuah grup whatsapp yang beranggotakan orang yang berminat membeli arisan” lanjutnya.

Setiap harinya pelaku FM mengirimkan promosi penjualan arisan dengan berbagai nilai beli dan keuntungan.

Korban EY pun ikut membeli arisan tersebut mulai pada tanggal 26 Agustus 2021 sampai pada tanggal 13 Oktober 2021, dari periode pencairan tanggal 15 September 2021 sampai tanggal 27 Oktober 2021 dengan cara menyetorkan uang pembelian arisan melalu tranfer perbankan.

Namun pada pencairan yang dijanjikan pada 27 oktober 2021, pelaku tidak menyanggupi untuk membayarkan karena uang tersebut tidak ada lagi, selama setahun lebih korban berusaha untuk meminta pertanggung jawaban pelaku namun tetap tidak sesuai dengan keinginan korban.

“Menurut keterangan korban, total kerugian yang dideritanya sebesar 173 juta Rupiah yang di transfer sebanyak 8 kali dengan nominal pembelian arisan yang bervariasi” ujarnya.

Satreskrim Polres Tabalong dibawah pimpinan Kasat Reskrim Iptu Galih Putra Wiratama, S.Tr.K, S.I.K mengamankan pelaku FM didepan gedung serbaguna Sarabakawa kelurahan Tanjung kecamatan Tanjung Tabalong pada Jumat (25/11/2022) siang.

“Saat ini pelaku sudah diamankan di Polres Tabalong untuk proses hukum lebih lanjut dan turut diamankan barang bukti berupa 2 lembar rekening koran, 2 lembar tanda bukti setoran, 1 lembar kertas rekapan, 1 buah handphone warna putih” pungkasnya.

You may also read!

Petugas Amankan Shalat Jumat di Jangkung

Polsek Tanjung Kota – Polres Tabalong – Polda Kalimantan Selatan, Petugas melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas Shalat Jumat

Read More...

Berikan Rasa Aman Kepada Pengguna Jalan, Petugas Atur Arus Lalu Lintas Pasar

Polsek Tanjung Kota – Polres Tabalong – Polda Kalimantan Selatan, Lakukan kegiatan pengaturan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan

Read More...

Silaturahmi Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian di Desa Kapar

Jumat Curhat Bersama Polres Tabalong pada Jumat (27/01/2023) pagi di Aula Kantor Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong. Pimpinan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu